Akuntansi Entrepreneurship Sistem Informasi Technology

Keuntungan Menggunakan Aplikasi Akuntansi Online Bagi UMKM

Meta Deskripsi

Aplikasi akuntansi online memberikan banyak manfaat bagi UMKM, seperti kemudahan penggunaan dan bisa diperoleh secara gratis. Adanya aplikasi akuntansi online, sangat membantu UMKM mempersiapkan laporan keuangannya.

Aplikasi akuntansi online, akhir-akhir ini makin diminati. Perusahaan-perusahaan aplikasi pun berlomba-lomba membuat aplikasi akuntansi online, mulai yang gratis sampai berbayar. Bahkan ada yang sudah memasang aplikasinya di play store, yang artinya sedemikian mudah diunduh, dipasang dan kemudian dioperasikan. Menyediakan laporan keuangan sesuai standar akuntansi-pun lebih mudah dilakukan.

Kemudahan untuk memperoleh aplikasi akuntansi online, sangat membantu banyak pihak, mulai pribadi hingga perusahaan UMKM. Laporan keuangan sesuai standar akuntansi, yang dahulu ilmunya hanya dikuasai sarjana akuntansi, kini tersedia dalam aplikasi. Tinggal ikuti petunjuk, baca manual atau cukup tonton tutorial penggunaannya, maka siapapun bisa membuat laporan keuangan sesuai standar akuntansi.

Kini UMKM pun tidak perlu resah, ketika harus menyediakan laporan keuangan. Semuanya bisa dilakukan dengan ujung jari, sebagaimana bermain game. Sebab bagaimanapun UMKM sama dengan perusahaan besar, perlu menyediakan laporan keuangan yang dapat dipergunakan untuk berkomunikasi dengan internal dan eksternal perusahaan. Tak ayal, kebutuhan laporan keuangan membantu UMKM untuk “naik kelas”.

Sebenarnya tidak hanya kemampun untuk menyediakan laporan keuangan secara akurat, yang ditawarkan aplikasi akuntansi online kepada UMKM. Setidaknya ada enam keuntungan menggunakan aplikasi akuntansi online, bagi UMKM.

  1. Memberikan banyak kemudahan

Aplikasi akuntansi online memberikan banyak kemudahan, mulai dari mendapatkannya, menginstalnya dan mengoperasikannya.  

  • Mudah didapatkan

Tinggal ketikkan aplikasi akuntansi online di mesin pencari, maka akan muncul website yang menawarkan aplikasi akuntansi online. Bahkan ada pula yang bisa diunduh dari playstore seperti: Accurate lite, Zahir Pos, Zahir Cash Management, Bukukas, dan sebagainya.

  • Mudah diinstal

Tidak seperti aplikasi akuntansi yang dipasang pada komputer (PC), aplikasi akuntansi online lebih mudah diiinstal. Semudah menginstal game di smartphone. Teknologi android, telah memudahkan hampir semua jenis penginstalan aplikasi. Sehingga tidak perlu memanggil tenaga ahli atau orang dari perusahaan penyedia aplikasi, untuk menginstal aplikasi akuntansi online.

  • Mudah dioperasikan

Pengusaha level apapun, mulai dari yang mikro hingga besar, dapat dengan mudah mengoperasikan aplikasi akuntansi online. Sesuai dengan tujuannya, memang aplikasi ini bisa user friendly atau mudah dipergunakan oleh siapa saja. Bahkan orang pribadi yang ingin membuat laporan keuangan pribadi, bisa mempergunakannya.

Tak hanya mudah dioperasikan dalam artian sebenarnya, aplikasi akuntansi online juga mudah diakses di mana saja. Orang-orang yang diberikan ijin mengakses aplikasi juga bisa ditentukan. Dengan kemampuan tersebut, pengusaha akan lebih mudah mengontrol perusahaannya, bahkan ketika sedang di rumah mendampingin belajar anak-anaknya. Nah, bagi UMKM tentu sangat membantu bukan?

  1. Terintegrasi dengan seluruh bagian perusahaan

Laporan akuntansi online tidak hanya mencatat uang yang masuk dan keluar. Di dalamnya juga ada penghitungan barang masuk dan keluar, dan semua hal yang berkaitan dengan bisnis utamanya yang berkaitan erat dengan keuangan. Semuanya terintegrasi menjadi satu, tidak dioperasikan secara parsial. Tentu saja jika menggunakan aplikasi akuntansi online, fasilitasnya terbatas bahkan mungkin hanya melaporkan keuangan saja. Namun aplikasi akuntansi online berbayar, memberikan lebih banyak kemudahan. Seperti sudah terintegrasi pula dengan laporan pajak secara online dan sebagainya.

  1. Analisis keuangan mendasar

Aplikasi akuntansi online, sudah pasti menyediakan laporan posisi keuangan dan laba rugi. Kedua laporan tersebut penting bagi analisis dasar perusahaan, yaitu untuk mengambil keputusan terkait keuangan, penentuan kemampuan menghasilkan laba dan resiko bisnis. Ketiganya adalah analisis keuangan yang sangat mendasar, dan dengan adanya aplikasi akuntansi online, hal tersebut dapat dilakukan oleh setiap pengusaha UMKM. Sehingga tidak perlu memanggil analis keuangan ahli, hanya perlu menggunakan aplikasi akuntansi online. Akan tetapi untuk analisa keuangan yang lebih baik tentu dibutuhkan analis yang benar-benar berkompeten.

  1. Ruang penyimpanan cukup besar

Aplikasi akuntansi online berbasis cloud, artinya semua penyimpanan data akan dilakukan lewat koneksi internet. Tidak lagi dibutuhkan ruang penyimpanan pada komputer, yang tentunya perlu terus diperbaharui dan diperbesar, dengan adanya tambahan data. Ruang penyimpanan di komputer akan tetap ringan, sebab semua data keuangan disimpan di internet. Semua data menjadi virtual dan tidak makan terlalu banyak tempat.

  1. Biaya yang lebih rendah

Biaya penggunaan aplikasi akuntansi online lebih rendah. Setidaknya biaya-biaya berikut bisa ditekan dengan menggunakan aplikasi akuntansi online:

  • Biaya aplikasi

Telah dijelaskan sebelumnya, bahwa aplikasi akuntansi online dapat didapatkan dengan mudah bahkan gratis. Sehingga untuk menyediakan laporan keuangan tidak perlu lagi mengeluarkan biaya yang besar. Sebagai perbandingan aplikasi akuntansi Accurate yang disediakan untuk bisnis, dengan label enterprise, untuk mendapatkannya maka perlu dikeluarkan biaya lebih dari Rp 10 juta. Sedangkan versi onlinenya, cukup membayar kurang dari Rp 3 juta. Penyedia aplikasi akuntansi online lainnya juga menerapkan harga yang tidak jauh beda. Jika tidak ada anggaran khusus untuk aplikasi, maka cukup ke playstore, dan dapatkan aplikasi akuntansi online di sana. 

  • Biaya tenaga akunting dan analis keuangan

Hadirnya aplikasi akuntansi online, memungkinkan untuk pembuatan laporan keuangan dilakukan oleh pemilik bisnis sendiri, tidak perlu merekrut tenaga akunting. Demikian pula dengan analisa bisnis yang mendasar juga bisa dilakukan, semisal menentukan barang yang paling laku dan pada jam berapa. Tentu penekanan biaya ini sangat membantu UMKM, sehingga alokasi biaya untuk tenaga akunting atau analis keuangan, bisa untuk perluasan usaha misalnya atau kegiatan pengembangan usaha lain.  

  • Biaya pemeliharaan

Aplikasi akuntansi berbasis desktop memerlukan pemeliharaan secara berkala, seperti update atau mendatangkan teknisi, yang pastinya memerlukan biaya. Aplikasi akuntansi online bisa mengatasi keduanya. Pada umumnya aplikasi akuntansi online akan melakukan update secara otomatis saat pusatnya juga mengupdate, dan untuk melakukan hal tersebut tidak dikenakan biaya. Demikian pula saat terjadi gangguan atau lainnya, untuk perbaikan dilakukan secara online, tidak perlu mendatangkan teknisi. Jadi sangat hemat biaya.

  • Biaya peralatan

Hemat lain yang dapat dilakukan adalah, aplikasi akuntansi online tidak memerlukan tempat penyimpanan yang besar. Padahal data-data yang disimpan dalam desktop ada batasannya. Sehingga saat sudah tidak muat, maka perlu tambahan ruang penyimpanan, dengan menambahkan hard disk. Makin banyak maka hard disk yang dibutuhkan juga akan meningkat. Pengguna aplikasi akuntansi online tidak perlu berhadapan dengan hal yang demikian. Selama koneksi internet lancar, maka penyimpanan sebanyak apapun akan dapat dilakukan dengan lancar. Tidak perlu biaya tambahan untuk penyimpanan yang besar.

Ternyata banyak sekali keuntungan yang ditawarkan aplikasi akuntansi online untuk UMKM. Jika anda kebetulan pengusaha UMKM yang sedang pusing mempersiapkan laporan keuangan, padahal dana terbatas, segeralah beralih ke aplikasi akuntansi online. Kerjanya efektif dan efisien, dan pastinya cukup hemat biaya.

Author

UBICO Akuntan & Konsultan Bisnis

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *