Bisnis Development Sistem Informasi Startup Technology

Apa Transformasi Digital, Dan Bagaimana Sukses Beradaptasi?

Pagi, baru bangun, anda ingin sekali makan pecel, namun malas keluar. Maka smartphone yang ada di samping tempat tidur anda, melaksanakan tugasnya. Pesan lewat aplikasi, pecel langganan anda.

Sambil menunggu pecel datang, anda mandi, bersih-bersih dan melakukan aneka kegiatan lain. Saat lapar sudah tak tertahankan, suara bel terdengar, dan aplikasi memberitahukan pecel sudah datang. Segera saja anda ambil pesanan dan tidak perlu membayar. Sebab pembayaran pecel juga lewat aplikasi. Anda ucapkan terima kasih pada pengantar pecel, dan selamat sarapan.

Begitulah kemudahan hidup saat ini. Semua bisa dilakukan dengan ujung jari. Dunia digital merubah banyak hal. Hal yang rumit menjadi sederhana. Itulah yang disebut sebagai transformasi digital.

Transformasi Digital

Perubahan adalah hal yang selalu terjadi. Bahkan ada yang menyebutkan, tidak ada yang lebih abadi dari perubahan. Termasuk dalam koneksi antar manusia, dan peredaran barang-barang. Dunia digital yang hakikatnya sudah lama ditemukan, namun baru pada 1990-an mulai mengubah wajah interaksi di muka bumi. Penemuan teknologi kecerdasan buatan, cloud computing dan internet of thing-lah yang dengan cepat mendigitalisasi kehidupan manusia. Perubahan tersebut kemudian dikenal sebagai transformasi digital.

Transformasi digital adalah istilah yang lebih dikenal dalam bidang bisnis. Padahal hakikatnya sudah diterapkan dalam banyak hal. Akan tetapi memang bidang bisnis-lah yang mempeloporinya. Seperti membuat perencanaan, strategi dan pelaporan. Baru kemudian sektor lainnya mengikuti.

Sebuah contoh sederhana, sebelum ada aplikasi ojek online, kita tidak manja dengan memesan makanan online. Tapi setelah booming ojek online, maka pemesanan makanan online menjadi sesuatu yang lumrah dilakukan. Bahkan dulu yang dianggap mewah, menjadi biasa. Maka dengan segera para pemilik warung, tukang ojek, sopir dan tentu saja konsumen, berbondong-bondong hidupnya terdigitalisasi. Pasang aplikasi, pesan sana-sini, menerima oder tak henti-henti.

Dari fakta tersebut, memang transformasi digital diawali dari bisnis. Bukan dari organisasi, pemerintah apalagi individu. Maka tidak salah jika kemudian bisnis perlu untuk mempelajarinya. Bagaimana bisa sukses pada era transformasi digital. Sebab datangnya era ini, juga telah membuat sejumlah bisnis gulung tikar. Bisnis yang susah beradaptasi dengan transformasi digital.

Aspek penting, agar sukses beradaptasi dalam transformasi digital

Agar sukses dalam transformasi digital, sebuah bisnis harus mampu mengelola tiga hal penting, yaitu: people, tools dan process, alias sumber daya manusia (SDM), peralatan dan proses. Tentu saja semua merujuk pada bisnis.

  • People (Sumber Daya Manusia)

Manusia adalah inti dari dunia, sehingga ia adalah pemimpin dunia. Sehebat apapun teknologi digital tanpa peran manusia akan menjadi alat saja. Bahkan yang mendorong ditemukannya kecerdasan buatan dan sejenisnya, juga ide dari para pebisnis. Bukankah susah menjadi rahasia umum, pebisnis adalah penembak peluang ulung. Maka hadirnya SDM yang memiliki talent (keahlian) adalah modal penting untuk sukses dalam transformasi digital.  

  • Tools (Peralatan)

Transformasi digital tentu perlu didukung dengan peralatan yang memadai. Peralatan tersebut, tentu berkaitan dengan proses produksi sendiri dan untuk digitalisasi. Komputer, smartphone, dan aneka peralatan teknologi informasi, adalah alat penting dalam digitalisasi.

  • Process (Proses)

SDM sudah mumpuni, peralatan digitalisasi sudah canggih, maka tugas berikutnya adalah membuat proses menjadi digital. Temukan cara membuat konsumen nyaman secara digital. Seperti yang dilakukan ojek online, reservasi hotel online dan lainnya. Maka anda akan menjadi sukses dalam bisnis.

Transformasi digital sudah tak terhindarkan. Maka cara terbaik adalah segera mengadaptasinya. Jika anda ingin meraih sukses dalam bisnis.

Avatar

Author

ajengwind

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *