Akuntansi Bisnis Entrepreneurship Startup

Ingin Mendirikan Perusahaan Start up? Pelajari 5 Syaratnya Di Sini

Sejak tahun 2000-an, Indonesia disemarakkan dengan perkembangan perusahaan start-up. Perusahaan yang rata-rata dimiliki anak muda, mengusung ide baru dan selalu berbasis online. Tetapi apakah memang harus demikian untuk memulai perusahaan start up?

Memang tidak bisa dimungkiri, bahwa perusahaan start up, kebanyakan dan hampir semua didirikan oleh anak muda. Dengan kata lain, para milenial yang bergerak di bidang ini. Mengingat idenya memang revolusioner, ngetrend dan hampir tak terpikirkan oleh generasi tua. Jadi kalau sudah berumur, apa mungkin mendirikan start up?

Jawabannya mungkin-mungkin saja, asal memenuhi syarat sebagai perusahaan start up. Dan ingat satu lagi, bahwa start up memang harus berbasis online. Sebab kustomer sasaran rata-rata sudah melek teknologi informasi.

Wah lha kok banyak juga ya syaratnya. Oke daripada bingung, ragu dan bimbang, berikut adalah syarat sebuah perusahaan disebut sebagai start up.

1. Baru beroperasi 3 tahun

Start up bisa diartikan sebagai rintisan. Maka perusahaan start up adalah perusahaan yang baru saja berdiri, dan ada yang menambahkan definisi bahwa umurnya sekitar 3 tahun. Jika si start up sukses melewati angka tersebut ia menjadi perusahaan sejati. Dengan kata lain perusahaan yang masuk kategori mantan start up. Tentu saja segala kelebihan perusahaan tersebut tetap menempel selama budaya baik perusahaan dipertahankan. Seperti Gojek yang terus bertahan hingga masuk tahun ke 11 di 2020, sudah tidak layak mendapat sebutan start up, namun menjadi rujukan perusahaan start up di Indonesia. Contoh lainnya masih banyak.

2. Mengusung ide baru

Tak hanya kebaruan umur yang menjadi syarat start up, namun kemampuan untuk mengusung ide baru. Jika anda mendirikan perusahaan transportasi online sekarang, anda bukan lagi start up, sebab ide tersebut sudah dipergunakan oleh Gojek, Grab dan beberapa perusahaan transportasi online.

Cobalah menggali ide-ide baru, yang bisa memberikan solusi kemudahan. Semakin unik, menantang dan memudahkan kustomer, maka bisa dipastikan perusahaan start up anda akan sukses dan bertahan lama. Seperti perusahaan transportasi online yang pernah mengguncang dunia transportasi di Indonesia. Tak heran jika menjadi cepat sukses, diterima, dan kini dinikmati oleh banyak orang, bahkan oleh yang menentangnya.

3. Masih membutuhkan pendanaan

Perusahaan start up tidak harus didirikan dengan modal yang besar. Karena idenya yang revolusioner, perusahaan jenis ini masih membuka lebar peluang pendanaan pada setiap investor. Ibaratnya ini adalah perusahaan anak-anak yang masih perlu disupport oleh orang tua. Sudah menjadi konsumsi umum, di awal berdirinya Gojek, Grab, Bukalapak dan banyak perusahaan start up lainnya, pendanaan-pendanaan mengalir deras dari investor. Sehingga terdapat aneka promo yang menarik.

Sehingga bagi anda yang memiliki ide baru yang dapat diterima masyarakat, tidak perlu ragu untuk memulai perusahaan. Sebab pendanaan akan datang jika memang ide bisnis anda menjanjikan keuntungan yang menarik.

4. Jumlah karyawan minimal

Karyawan yang dikaryakan di perusahaan start up juga minimal. Ya tentu saja, karena perusahaan masih baru, modal minim dan mengusung ide yang baru. Karyawan start up awal, biasanya adalah orang-orang dekat yang memahami ide revolusioner. Seiring perkembangan start up dan modal yang bertambah, barulah karyawan akan semakin bertambah.

5. Berbasis online

Ini adalah kunci dari start up, yaitu berbasis online. Kini dunia terintegrasi dengan teknologi informasi. Sehingga perusahaan juga harus melakukannya. Perusahaan start up dengan sadar, sejak awal sudah menggunakan kekuatan teknologi informasi. Sehingga basisnya online. Maka bagi anda yang berminat untuk mendirikan start up, carilah ide yang segar dan solutif, kemudian pelajari skema operasinya secara online.

Bagi anda yang berminat mendirikan start up, setidaknya harus memahami 5 syarat di atas. Satu kata, bahwa start up masih memiliki lahan luas untuk dibuat dan dikembangkan. Apalagi tidak membutuhkan modal yang besar.

Jadi segera gali ide kreatif dan wujudkan start up impian anda, yang akan membawa dunia yang lebih baik.

Avatar

Author

ajengwind

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *