Bisnis Entrepreneurship

Khusus Untuk Entrepeneur, Inilah 5 Ide Bisnis Terbaik

Di tiap pagi, tentu anda memiliki banyak ide yang melayang-layang. Entah itu sebuah ide sederhana untuk makan di restoran nanti malam, atau ide brilian seperti menciptakan mesin yang memahami selera makan anda hari ini. Apakah anda pernah berpikir, bahwa salah satu ide tersebut bisa menjadi bisnis yang menghasilkan keuntungan?

Hemm, mungkin ada yang sudah memikirkannya, atau mungkin baru tersadar, bahkan sudah melakukannya. Ya, memang ide bisnis bisa muncul tiba-tiba. Namun tak jarang memang harus direncanakan.

Akan tetapi, memang tidak semua ide yang terbetik bisa dijadikan ladang usaha. Anda harus memilahnya, dan memilih satu yang terbaik untuk diseriusi menjadi bisnis. Jika satu sudah berjalan, baru lanjut ke ide berikutnya. Demikian seterusnya, sampai anda bisa memiliki kerajaan bisnis, sebagaimana para entrepenur yang sudah sukses.

Guna melakukan pemilahan ide, berikut adalah 5 ide bisnis yang bisa anda terapkan.  

1. Sesuai minat dan kekuatan

Minat atau hobi, tentu anda lakukan dengan senang hati. Karena dilakukan untuk mencari kesenangan. Galilah ide bisnis, dari minat anda yang terbesar. Sehingga anda bisa melakukan bisnis dengan ringan, senang dan inovatif.

Minat yang didukung kekuatan akan memberikan hasil maksimal. Sebuah contoh sederhana, anda memiliki minat tinggi dalam bidang keuangan. Lalu anda juga kuat dalam hitungan angka-angka, maka minat dan kekuatan tersebut saling mendukung. Anda bisa membuat bisnis mengenai fintech.

2. Solusi sebuah masalah

Ide bisnis adalah solusi dari sebuah permasalahan. Seperti Susy Air yang melayani penerbangan perintis, ke daerah-daerah terpencil di Indonesia. Bidang tersebut tidak digarap oleh penerbangan besar. Namun masyarakat daerah membutuhkannya. Contoh lainnya masih banyak, dan semua adalah solusi.

Anda pun harus peka terhadap permasalahan yang ada di sekitar, sehingga menemukan solusi terbaik. Solusi tersebut adalah ladang bisnis untuk anda.  

3. Bisa dilakukan

Minat, kekuatan dan solutif, serta satu lagi anda harus bisa memastikan ide tersebut bisa dilakukan. Semisal ada ide yang cukup revolusioner dalam bisnis, produksi susu kucing. Anda berminat dengan hewan tersebut. Solutif untuk anak-anak kucing yang ditinggal mati atau pergi induknya. Namun apakah mungkin untuk melakukannya? Jika susah untuk dilakukan, maka sebaiknya anda mencari ide baru.  

4. Jadi pengikut

Susah sekali menemukan ide baru? Mengapa tidak jadi pengikut? Entrepeneur tidak harus selalu melahirkan idenya sendiri. Anda bisa mempelajari sukses entrepenur lainnya.

5. Terus melakukan evaluasi

Evaluasi adalah hal penting dalam setiap aktivitas. Termasuk menggali ide bisnis. Setelah ide bisnis terealisasi, lakukan evaluasi terus menerus. Temukan kekurangan dan perbaiki. Serta terus kembangkan bisnis anda.

Dari 5 ide bisnis tersebut, anda bisa menjadi entrepeneur yang handal. Sudah siapkah anda menjadi entrepeneur handal?

Avatar

Author

ajengwind

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *