Akuntansi Bisnis Sistem Informasi Startup Technology

Aplikasi Akuntansi Online, Untuk Manajemen Keuangan UMKM

Meta Deskripsi

Aplikasi akuntansi online, adalah program berbasis cloud yang berfungsi untuk melakukan fungsi akuntansi sampai mempersiapkan laporan keuangan. Adanya aplikasi akuntansi online, membantu UMKM untuk melakukan manajemen keuangan.       

Manajemen keuangan adalah kegiatan yang pasti dilakukan oleh semua lini bisnis, dari kecil hingga besar, bahkan dilakukan oleh pribadi. Mengacu pada pengertian manajemen yaitu merencanakan, mengorganisasi, mengarahkan dan mengawasi, maka manajemen keuangan melakukan semua fungsi tersebut yang ditekankan pada bidang keuangan. Manajemen keuangan akan mengelola penggunaan dana, mencari sumber-sumber dana, dan mengelola aktiva yang dimiliki perusahaan. Semua hal tersebut dilakukan untuk mencapai tujuan perusahaan.

Manajemen keuangan yang baik, akan membuat nilai perusahaan tinggi. Dengan nilai yang tinggi, maka perusahaan akan memiliki kelebihan dibandingkan perusahaan lain. Kelebihan tersebut akan membuat perusahaan lebih mudah mendapat investor atau pinjaman dana. Singkatnya dengan manajemen keuangan yang baik, perusahaan akan berjalan lancar dan lebih mudah mencapai tujuannya.

Sumber informasi yang dipergunakan dalam manajemen keuangan, adalah informasi keuangan yang diperoleh dari proses akuntansi. Salah satunya adalah laporan keuangan yang terdiri dari tiga yaitu: laporan posisi keuangan, laba rugi dan catatan atas laporan keuangan. Akan tetapi manajemen keuangan tidak hanya menggunakan tiga informasi tersebut, untuk pengambilan kebijakan. Ada informasi yang dihimpun dari bagian produksi, HRD dan lainnya, untuk melengkapi pengambilan kebijakan. Sehingga informasi yang dibutuhkan dalam manajemen keuangan cukup banyak dan beragam.

UMKM sebagai salah satu lini bisnis, juga membutuhkan manajemen keuangan. Tentu saja agar bisnis yang dilakukannya berjalan dengan lancar, dan mempermudah upaya “naik kelas”. Manajemen keuangan akan mengarahkan penekanan biaya yang dikeluarkan, dan perolehan pendapatan yang maksimal. Sehingga UMKM, tidak hanya berbisnis untuk memenuhi kebutuhan hidupnya, namun juga sudah mulai bisa berinvestasi dalam bisnis. Investasi di sini termasuk memperluas cakupan usaha, pemasaran atau modernisasi teknologi. Sukur jika UMKM sudah berinvestasi ke bidang lain pula. Semua itu bisa terwujud dengan manajemen keuangan yang baik.

Tanpa manajemen keuangan yang memadai, UMKM akan mengalami kesulitan untuk melakukan investasi. Padahal sebenarnya setiap usaha, tentu ada masa yang perolehan labanya tinggi, terkadang rendah. Masa perolehan laba tinggi tersebut, sudah seharusnya membuat UMKM memperoleh tambahan modal untuk investasi. Namun hal tersebut sering terlupakan. Bahkan biasanya, pelaku UMKM saat memperoleh laba tinggi, akan membelanjakannya untuk kebutuhan non bisnis. Semisal untuk membeli keperluan sehari-hari secara berlebih atau investasi lahan dan sejenisnya yang tidak berhubungan langsung dengan bisnis. Tentu keputusan tersebut tidak sepenuhnya salah, namun kurang tepat. Dari situlah manajemen keuangan sangat diperlukan.   

Keterbatasan UMKM untuk melakukan manajemen keuangan, tidak terlepas dari keterbatasan mempersiapkan laporan keuangan. Pelaku UMKM berasal dari latar belakang yang beragam, ada yang berpendidikan tinggi, tetapi yang berpendidikan rendah bahkan tidak sempat sekolah banyak. Maka tidak heran jika literasi keuangan mereka pun beragam. Namun satu hal yang pasti, secara umum UMKM cepat beradaptasi dengan lingkungan yang terus berubah termasuk teknologi. Faktanya, instagram telah menjadi senjata penting untuk marketing UMKM, dengan pengguna dari rentang umur yang beragam (muda hingga tua).

Kemampuan adaptasi UMKM terhadap teknologi, terutama teknologi informasi, menjadi alternatif solusi untuk manajemen keuangan yang lebih baik, yaitu dengan menggunakan aplikasi akuntansi online. Aplikasi dengan berbasis cloud ini, memudahkan semua kalangan dari aneka literasi keuangan, untuk mempersiapkan laporan keuangan. Bahkan tidak perlu mengikuti pelatihan membuat laporan keuangan, aplikasi akuntansi online akan mengerjakannya dengan akurat. Ketersediaan laporan keuangan yang memadai akan menjadi sumber informasi bagi UMKM untuk melakukan manajemen keuangan. Tentu saja pada tingkatan yang paling mendasar. Untuk manajemen keuangan lebih lanjut atau tingkatan lebih tinggi, tentu membutuhkan sentuhan tangan ahli.

Aplikasi akuntansi online, paling direkomendasikan untuk mempersiapkan informasi manajemen keuangan, sebab beberapa kelebihan:

  1. Kemudahan

Aplikasi akuntansi online memberikan beberapa kemudahan, yaitu: (a) mudah diperoleh, hanya dengan mengakses internet atau langsung ke google play store, aneka aplikasi akuntansi online siap untuk diunduh, bisa berupa trial, gratis atau berbayar; (b) mudah dipergunakan, sebab umumnya berbasis android, aplikasi akuntansi online mudah dipergunakan oleh siapapun. Apalagi setiap aplikasi sudah pasti disertakan manual pemakaiannya. Calon pengguna juga dapat dengan mudah mencari informasi untuk penggunaannya di website atau video youtube. Namun tidak dapat dimungkiri, literasi keuangan yang cukup akan sangat membantu pengoperasian aplikasi akuntansi online; (c) mudah diakses dimanapun sebab berbasis cloud, sehingga pengusaha UMKM bisa mengerjakan dan memperoleh laporan keuangan dimanapun dan kapanpun. Selain itu semua bagian yang terintegrasi dengan aplikasi akuntansi online juga bisa mengakses dengan leluasa. Sehingga informasi keuangan tidak harus dikerjakan di satu tempat, dan tersimpan di situ pula, namun bisa diakses di mana saja. Pengusaha UMKM pun bisa berlibur sambil tetap berbisnis.  

  1. Penyimpanan yang besar

Dahulu akuntansi identik dengan bank data yang besar. Sehingga perlu penyimpanan yang besar di komputer. Namun dengan kehadiran aplikasi akuntansi online, hal tersebut bisa diperbaiki. Sebab data yang besar langsung tersimpan di internet atau cloud (sebagai metafora internet). Sehingga sebesar apapun data, akan tersimpan dengan aman tanpa perlu menambah ruang penyimpanan di komputer. Bagi pengusaha UMKM, hal ini akan meringankan.

  1. Biaya murah

Aplikasi akuntansi online, bisa didapatkan dengan mudah, tidak perlu ruang penyimpanan yang besar, updatenya bisa dilakukan dengan gratis, demikian pula biaya perawatannya dilakukan secara jarak jauh dan seringkali gratis. Bahkan UMKM, tidak perlu lagi pusing untuk merekrut tenaga khusus akuntansi untuk sekadar mempersiapkan laporan keuangan, sesuai standar akuntansi keuangan. Dengan semua kelebihan tersebut, aplikasi akuntansi online bisa menekan biaya untuk kegiatan akuntansi. Namun sekali lagi untuk hasil laporan dan analisis terbaik adalah yang ditangani oleh akuntan.   

Segala kelebihan tersebut, membuat UMKM lebih mudah memperoleh laporan keuangan yang sangat berguna dalam manajemen keuangan. Meski tentu saja manajemen keuangan yang dilakukan masih sangat mendasar. Setidaknya UMKM bisa mengetahui seberapa besar laba yang diperolehnya, berapa banyak aktiva yang dimilikinya dan beban-beban yang menjadi tanggungannya. Dari sana akan bisa diperkirakan, biaya apa saja yang perlu ditekan untuk memperoleh laba lebih besar. Itu adalah salah satu fungsi manajemen keuangan yang paling sederhana. Fungsi lainnya masih sangat banyak. Dari seluruh uraian di atas, penggunaan aplikasi akuntansi online sangat direkomendasikan untuk UMKM, terutama dalam membantu manajemen keuangan. Terwujudnya manajemen keuangan yang baik, akan membuat proses ekonomi yang terjadi dalam perusahaan akan lancar. Kelancaran tersebut akan mewujudkan tujuan perusahaan, yaitu pencapaian laba maksimal. Manajemen keuangan yang baik juga akan membuat perusahaan bernilai tinggi. Sehingga segera menggunakan aplikasi akuntansi online, akan segera membuat manajemen keuangan bagi UMKM menjadi lebih mudah.

UBICO Akuntan & Konsultan Bisnis

Author

UBICO Akuntan & Konsultan Bisnis

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

WhatsApp chat