Bisnis Entrepreneurship Startup Technology

Empat Strategi Menang Dalam Bisnis Startup

Startup adalah bisnis yang mengalami perkembangan pesat, sejak booming internet di tahun 2000-an. Bisnis berbasis teknologi digital yang mampu merambah area luas dengan banyak pelanggan. Bahkan kini, startup di Indonesia adalah yang terbanyak kelima di dunia. Dengan jumlah pengguna internet yang demikian tinggi, tentu startup adalah lahan basah yang siap digarap.

Sehingga tidak heran, makin hari makin banyak anak muda yang mulai membangun startup. Ada yang bertahan lama, bahkan mulai ekspansi. Namun ada pula yang tidak sempat berkembang, sebab rubuh di tengah jalan.

Agar, tak rubuh di tengah jalan, perusahaan startup harus memiliki strategi untuk bertahan. Tak hanya bertahan, namun memperoleh kemenangan. Berikut adalah empat strategi menang dalam bisnis startup.

1. Berangkat dari minat dan kekuatan

Bisnis e-commerce diramalkan akan terus menjadi idola startup, di dua sampai tiga tahun mendatang. Namun bukan berarti anda harus ikut terjun di bidang tersebut. Sebab nantinya jika semakin banyak yang masuk, maka persaingan makin ketat. Sehingga harus ada semakin banyak cara kreatif untuk memenangkan persaingan. Hal tersebut akan membutuhkan pemikiran, tenaga dan dana yang tidak sedikit. Apalagi jika anda tidak berminat di bidang tersebut.

Maka cara terbaik untuk menang adalah buatlah startup sesuai minat dan kekuatan. Jika anda hebat dalam hal mata pelajaran, mengapa tidak mendirikan startup sejenis “Ruang Guru”? Apabila hebat di bidang properti, coba buat startup investasi properti berbasis crowdfunding. Masih banyak alternatif startup lainnya, yang bisa anda kembangkan dari minat dan kekuatan anda.  

2. Kuasai teknologi informasi

Startup identik dengan teknologi informasi. Maka wajib bagi pendiri yang sekaligus pemilik, memahami teknologi informasi berkaitan dengan startup yang dibangun. Setidaknya pahami tentang sistem operasinya. Jika anda memiliki kemampuan untuk menguasai teknologi informasi, maka digitalisasi startup anda akan menjadi lebih mudah. Sebab ini salah satu kunci, maka anda sudah semakin dekat dengan kemenangan.

3. Pahami kebutuhan pelanggan

Ide brilian, luar biasa dan tidak umum memang menarik. Namun yang bisa memberikan solusi itu lebih penting. Bisnis adalah tentang memberikan solusi. Tanpa tawaran solusi, maka anda tidak bisa menjual suatu produk. Makin tepat solusi yang anda berikan, maka bisnis startup akan berkembang lebih cepat. Kebermanfaatan mendatangkan banyak peminat.

4. Pengaturan keuangan

Keuangan adalah hal penting dalam setiap bisnis. Ketiga strategi di atas dilakukan tanpa dukungan keuangan yang memadai, bisa jadi hanya menjadi mimpi. Oleh sebab itu, sejak serius membanguh startup, maka buatlah pengaturan keuangan yang jelas. Semakin baik pengaturan keuangan, maka bisnis startup akan berjalan lancar.

Itulah tadi empat strategi untuk menang dalam bisnis startup. Anda mungkin lebih berpengalaman. Jika, ya, silahkan berbagi di kolom komentar. Siapa tahu ilmu anda bermanfaat, bagi pengusaha startup pemula.

Avatar

Author

ajengwind

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *